Jumat, Mei 24

Tips Travelling di Masa Pandemi

Share

Bepergian antar kota atau negara sudah diizinkan kembali. Namun, tentu adanya persyaratan baru yang harus dipatuhi. Salah satunya, vaksin Covid-19.

Hampir seluruh destinasi wisata kini wajib menunjukkan bukti bahwa Anda telah melakukan vaksin Covid-19. Begitu juga dengan syarat penggunaan transportasi umum seperti kereta dan pesawat utnuk berwisata.

Meskipun demikian, Anda harus tetap menerapkan tindakan pencegahan penularan virus Covid-19 saat bepergian. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, seperti dilansir dari berbagai sumber mengenai tips bepergian di masa pandemi.

  1. Caritahu tingkat kasus Covid-19 di sekitar dan tempat tujuan

Ini menjadi hal yang penting dan mungkin seringkali terabaikan. Anda harus mengetahui bagaimana kondisi sekitar. Jika Anda bepergian sendiri, bersama teman, atau dengan keluarga, pastikan dalam kondisi tubuh yang fit dan telah melakukan vaksin. 

Setelah itu, lakukan tes Covid-19 untuk membuktikan bahwa Anda dan teman/keluarga tidak sedang terjangkit corona. Lihat juga keadaan sekitar di luar rumah. Jika ternyata mendapati tetangga yang tengah banyak terdampak atau lingkungan Anda berada di zona merah, baiknya tunda rencana liburan Anda. 

Lakukan riset tersebut juga pada tempat tujuan Anda. Caritahu bagaimana kondisi kasus Covid-19 di destinasi Anda. Jika dinyatakan aman dan masih terkendali, Anda mungkin bisa melakukan perjalanan. 

Hal-hal tersebut penting dilakukan demi menjaga diri dan orang sekitar agar tidak terinfeksi atau bahkan menjadi pembawa virus. Baik menggunakan transportasi pribadi atau umum, tetaplah waspada.

  1. Tentukan moda transportasi perjalanan

Pesawat menjadi salah satu pilihan yang aman. Hal ini dikarenakan maskapai terus mewajibkan semua penumpangnya untuk memakai masker. Perlu diingat, tunjukkan bukti vaksin Covid-19 (dosis 1 dan/atau 2). 

Selain pesawat, Anda juga perlu menunjukkan keterangan bebas Covid-19 dan bukti vaksinasi jika bepergian menggunakan kereta. Hal yang sama diterapkan jika Anda memilih menggunakan bus untuk perjalanan. 

  1. Buat rencana wisata yang menyeluruh

Tentukan tempat-tempat yang akan Anda kunjungi. Ini perlu, karena mengingat Anda bepergian dalam situasi yang baru dan berbeda. Datangi tempat yang menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Jika Anda mengunjungi museum atau galeri seni, tetaplah jaga jarak aman.

  1. Bersihkan kamar hotel saat sampai

Walau sudah dibersihkan oleh petugas, ada baiknya Anda tetap melanjutkan tindakan pencegahan tambahan saat sampai di hotel/tempat penginapan. Semprotkan disinfektan ke ruang kamar, kenop pintu, remot TV, dan benda lainnya yang sering disentuh. Hal ini hanya untuk membantu meminimalkan adanya bakteri atau virus yang masih menempel. 

  1. Gunakan alat makan pribadi

Sebaiknya, Anda membawa alat makan sendiri untuk keamanan dan kebersihan Anda sendiri. Jika Anda makan di restoran, Anda bisa gunakan sendok, garpu, atau sumpit milik pribadi. Atau, bawa pulang makanan yang Anda beli dari luar sehingga Anda tidak memakannya di sana.

  1. Kemas tas dengan kebutuhan protokol kesehatan

Jangan sampai tertinggal atau bahkan tidak membawa kebutuhan normal baru. Masker medis, handsanitizer, semprotan disinfektan, tisu antibakteri, dan pelindung wajah (bila diperlukan). Dianjurkan pula untuk memakai masker medis yang dilapisi lagi oleh masker kain (double mask). Gunakan pembersih tangan, semprotan disinfektan, atau tisu antibakteri untuk membersihkan barang-barang Anda baik sebelum atau sesudah digunakan.

Manfaatkan waktu liburanmu dengan rileks namun tetap aman dan nyaman dengan menerapkan protokol kesehatan.

Simak informasi seputar haji, umrah, Arab Saudi, muslim, dan lainnya hanya di blog Aqobah. Untuk paket perjalanan haji, umrah, dan wisata silakan cek Instagram @aqobah.travel

#travelling #travellingsaatpandemi #tipstravellingsaatpandemi


Share