Sabtu, Juni 15

Tips Pergi Haji Bersama Anak

Share

Ketika Anda sudah memiliki kesempatan untuk menunaikan ibadah haji, dengan syarat-syarat yang sudah memenuhi juga, maka persiapkanlah secara maksimal. Mulai dari dokumen, perlengkapan, hingga kesehatan tubuh.

Perhatikan juga persiapan lainnya jika Anda pergi berhaji bersama anak. Pastikan Anda pergi menunaikan ibadah haji dengan tetap nyaman dan khusyu bersama anak atau anggota keluarga lainnya.

Sebagian orang mungkin khawatir ketika membawa anak-anak mereka untuk haji bersama. Ini karena membutuhkan persiapan fisik, spiritual, dan emosional yang cukup besar. Serahkan kepercayaan Anda kepada Allah SWT dan perhatikan beberapa hal penting untuk membantu mempersiapkan perjalanan haji Anda dengan mudah bersama anak/keluarga.

Seperti dilansir dari About Islam, berikut tips pergi haji bersama anak dengan tetap beribadah nyaman dan khusyu.

  1. Edukasi anak mengenai haji

Jika anak Anda sudah cukup besar, jelaskan pada mereka mengenai pentingnya haji dan bagaimana perjalanan serta makna beribadah haji. Anda bisa ceritakan gambaran rangkaian ibadah haji, yang mungkin dapat membuat mereka termotivasi dan bersemangat.

  1. Pakaian berbahan katun ringan untuk anak-anak

Ini untuk persiapan kondisi yang sangat panas di Arab Saudi. Pastikan anak-anak Anda mengenakan pakaian atau ihram yang ringan dan longgar. Kemas pakaian ganti ekstra untuk anak-anak dan pakaian luar untuk diri Anda sendiri saat menunaikan ibadah haji.

  1. Tetap terhidrasi

Pastikan Anda beserta keluarga tetap terhidrasi dengan baik. Siapkan botol air untuk Anda dan keluarga. Ada bagian-bagian tertentu dari rangkaian ibadah haji seperti di Mina, mungkin Anda akan menghabiskan waktu di tenda dan akan membutuhkan lebih banyak cairan untuk menghindari dehidrasi.

  1. Bawa tabir surya (sunscreen)

Tabir surya penting untuk melindungi kulit Anda dari sengatan matahari saat di ruang terbuka. Pilihlah tabir surya yang cocok untuk anak-anak dan untuk Anda sendiri sesuai usia.

  1. Buat pengaturan untuk imunisasi yang diperlukan

Ada beberapa imunisasi yang diperlukan sebelum pergi haji. Diantaranya ada imunisasi meningitis, demam, kuning, dan lainnya tergantung pada apa yang diminta pemerintah Arab Saudi pada tahun tertentu. Pastikan Anda dan anak Anda melaksanakan imunisasi tersebut.

  1. Obat-obatan pribadi

Memang terdapat obat-obatan gratis di unit medis yang tersedia di seluruh area haji. Namun, ada baiknya juga Anda menyediakan obat-obatan pribadi atau obat resep lain yang Anda perlukan.

  1. Persiapan malam yang dingin di Muzdalifah

Kota Muzdalifah bisa menjadi sangat dingin saat malam hari. Oleh karena itu, bersiaplah dengan membawa selimut atau lainnya di tas Anda dan anak-anak untuk dipakai saat cuaca sangat dingin.

  1. Cari tahu dari pemandu / penyelenggara haji Anda mengenai fasilitas untuk anak-anak

Diskusi dengan penyelenggara ibadah haji Anda tentang fasilitas yang tersedia untuk anak-anak selama pergi haji. Seperti ruang ganti bayi, ruang menyusui, fasilitas kursi roda jika mereka lelah, dll. Ini cukup membantu Anda agar tidak perlu khawatir saat perjalanan ibadah haji nanti.

  1. Buat anak Anda sibuk selama perjalanan haji

Pergi haji membutuhkan waktu yang cukup lama. Bagi anak-anak, ini mungkin akan membosankan. Dengan demikian, buatlah aktivitas untuk anak Anda agar ia tidak merasa bosan selama perjalanan. Biarkan ia menggambar atau mewarnai pada buku yang sudah Anda siapkan/bawa. Atau, ajarkan mereka beberapa ayat-ayat pendek dalam perjalanan ibadah haji.

  1. Bawalah bantal untuk anak-anak

Sebaiknya, Anda membawa bantal kecil agar anak Anda tetap nyaman saat bepergian selama berjam-jam.

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan bagi siapa pun yang memulai perjalanan ibadah haji. Segera tunaikan rukun islam yang ke-5 ini jika Anda sudah memenuhi persyaratannya.

Simak informasi seputar haji, umrah, Arab Saudi, muslim, dan lainnya hanya di blog Aqobah. Untuk informasi paket haji, umrah, dan wisata, silakan kunjungi Instagram @aqobah.travel.

Aqobah akan mengantar Anda ke Baitullah dengan santun dan amanah.

#haji #perjalananhaji #hajibersamaanak


Share