Sabtu, Juni 15

Tips Memanfaatkan Bulan Ramadan dengan Baik

Share

Ramadan pada masa pandemi Covid-19 tentu menjadi sedikit berbeda dari biasanya. Kegiatan salat tarawih dan tadarus di masjid mungkin dibatasi jumlah jemaahnya, dan/atau diberi jaga jarak sosial di setiap safnya. 

Anda bisa tetap memperbanyak ibadah dan mendekatkan diri kepada-Nya hanya dari rumah saja. Meskipun sedang berpuasa, tidak ada alasan untuk bermalas-malasan beribadah. Atur jadwal setiap harinya agar kegiatan ibadah Ramadan Anda tetap terlaksana dengan nyaman dan khusyu.

Seperti dilansir dari The Muslim Vibe, berikut tips yang bisa Anda gunakan untuk memanfaatkan bulan Ramadan dengan sangat baik.

  1. Berniat untuk Puasa dan Beribadah

Manfaatkan waktu sebaik mungkin saat Ramadan, karena Ramadan adalah bulan yang pernuh berkah. 

Dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 183, Allah SWT memberitahu bahwa puasa adalah kewajiban bagi kita agar menjadi orang yang bertakwa:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

  1. Dirikan Salat Malam

Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Barangsiapa yang mendirikan salat malam Ramadan dengan setia karena iman yang tulus dan berharap untuk mencapai pahala Allah (bukan karena pamer), semua dosa masa lalunya akan diampuni.”

  1. Menyiapkan Makanan untuk Buka Puasa dan Sahur

Memasak atau membeli, rencanakanlah menu makanan Anda untuk berbuka dan sahur. Jangan lupa juga menyiapkan takjil untuk berbuka puasa. Jika masakan Anda tersisa, Anda bisa membekukannya dan panaskan kembali untuk menu sahur.

  1. Membaca Al-Qur’an Setiap Hari

Bukan hanya salat, membaca dan mempelajari Al-Qur’an sangat dianjurkan saat bulan Ramadan. Mengingat Al-Qur’an diturunkan pada bulan Ramadan. Hubungan umat manusia dengan Tuhannya adalah melalui firman-Nya dalam kitab suci.

“(Ini adalah) bulan Ramadhan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia, petunjuk yang jelas sebagai petunjuk, dan Pembeda (untuk membedakan yang benar dan yang batil). Maka barang siapa di antara kamu yang menyaksikan bulan ini, hendaklah dia berpuasa” (Q.S. Al-Baqarah: 185).

Nabi Muhammad SAW biasa duduk dan belajar Al-Qur’an dengan Jibril selama Ramadan.

Ibnu Abbas r.a. meriwayatkan: “Rasulullah adalah orang yang paling dermawan, dan dia akan menjadi yang paling dermawan di bulan Ramadan karena Jibril akan datang kepadanya setiap malam dan dia akan belajar Al-Qur’an dengan dia. Sesungguhnya ketika Rasulullah bertemu dengan Jibril, dia lebih dermawan daripada angin yang berlalu dengan cepat.”

  1. Beramal

Nabi Muhammad SAW bersabda: 

“Barangsiapa yang memberi makan orang yang berpuasa untuk berbuka, maka dia akan mendapatkan pahala yang sama dengan pahala puasa itu, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun.”

Anda bisa tetap terhubung dengan sesama melalui pemberian. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, Anda bisa membantu saudara/i dalam kemanusiaan. Hanya mengharapkan keridhaan Allah SWT, Anda bisa memberikan makanan buka puasa kepada yang membutuhkan.

Sambut Ramadan dengan penuh kebahagiaan, berlomba-lomba dalam kebaikan. Manfaatkan waktu Ramadan Anda sebaik mungkin dengan beribadah, meningkatkan iman dan takwa kepada-Nya.

Simak informasi seputar Islam, haji, umrah, Arab Saudi, dan sebagainya hanya di blog Aqobah. Untuk informasi paket haji, umrah, dan wisata, silakan kunjungi Instagram @aqobah.travel.

#Ramadan #bulanpuasa #amalanRamadan


Share