Sabtu, Juni 15

Telah Hadir Kembali Kontainer Air Zamzam di Masjidil Haram

Share

Ketika melaksanakan ibadah umrah ataupun haji, tentu tidak asing dengan air Zamzam. Air ini berasal dari sumur mata air di kawasan Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.

Air zamzam terus mengalir, tidak pernah kering walau ribuan tahun sudah digunakan oleh jutaan manusia. Berdasarkan penelitian, air ini juga memiliki banyak sekali manfaat baik untuk tubuh. Umat Islam yang menjalani ibadah haji ataupun umrah akan berkunjung ke sumur air Zamzam lalu membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

Namun, kontainer air Zamzam sempat vakum selama beberapa waktu saat awal pandemi. Akhirnya, para Jemaah haji dan umrah 2020 lalu sempat tidak diberikan air zamzam untuk dibawa pulang.

Kini, wadah air Zamzam sudah tersedia kembali untuk para peziarah dan jemaah di Masjidil Haram seperti dilansir dari Saudi Gazette (13/10), berikut penjelasannya.

Badan Layanan dan Urusan Lapangan dan Perlindungan Lingkungan di Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci, telah memulihkan 155 stasiun pengisian air Zamzam (mashrabiya) dan 20.000 wadah untuk minum air Zamzam di Masjidil Haram.

Para jamaah dan pengunjung dipersilakan mengambil, tapi tetap sesuai dengan langkah-langkah pencegahan terhadap virus corona.

Jumlah stasiun air Zamzam yang dioperasikan kembali di dalam Masjidil Haram mencapai lebih dari 97. Juga, 48 stasiun pada kolom lantai dasar dan lantai pertama Masjidil Haram, selain 10 stasiun di halaman.

Sedangkan di Masjid Agung, stasiun air Zamzam baru dibangun di lantai pertama dan kedua Masjidil Haram serta di mas’a, basement masjid, dan di halaman utara.

Wadah air Zamzam tentu secara teratur disterilkan dan didesinfeksi untuk memastikan keselamatan para peziarah dan jemaah.

Proses pencucian wadah melewati lima tahapan. Pembersihan menggunakan sabun khusus bebas pewangi. Ini juga meliputi sterilisasi, pengeringan, dan penyimpanan.

Temukan informasi lainnya hanya di website Aqobah atau Instagram @aqobah.travel. Nikmati perjalanan haji dan umrah Anda dengan nyaman bersama Aqobah. Kami akan mengantar Anda ke Baitullah dengan santun dan amanah.

#airzamzam #wadahairzamzam #masjidilharam #makkah


Share