Sabtu, Juni 15

Oleh-oleh Khas Arab Saudi

Share

Membawa buah tangan atau oleh-oleh saat bepergian menjadi bagian paling dinanti-nanti. Membeli beberapa barang khas tempat yang dikunjungi tersebut, bertujuan untuk dapat mengenang momennya.

Apalagi, saat Anda berkunjung ke Arab Saudi. Negara yang menjadi tempat beribadah umrah dan haji ini memiliki banyak sekali hadiah buah tangan yang unik dan menarik. Anda bisa temukan berbagai souvenir di sana, yang bisa Anda bagikan kepada keluarga, kerabat, atau kenang-kenangan di rumah.

Seperti dilansir dari visitsaudi, berikut daftar souvenir lucu yang menjadi oleh-oleh khas Arab Saudi.

  1. Kurma

Sudah tidak asing lagi, kebanyakan orang yang bepergian dari Arab Saudi pasti membeli kurma. Pohon kurma tumbuh di Arab Saudi. Sehingga, kurma yang dihasilkan di sana sangatlah melimpah. Memiliki rasa yang manis, beragam jenis-jenis kurma yang ada di sana bisa Anda pilih sebagai oleh-oleh. Ada kurma ajwa, safawi, barhi, khudri, kholas, dan masih banyak lagi.

  1. Parfum Oud, Minyak, atau Kayu

Bau Oud berasal dari inti kayu pohon aquilaria, yang resinnya dapat disuling menjadi minyak, dicampur menjadi parfum, atau hanya dibakar sebagai dupa. Sama seperti kurma, produk-produk oud juga menjadi symbol keramahan Saudi.  Ada juga yang menjual bungkusan kecil keripik oud sebagai oleh-oleh.

Namun, aroma oud sangatlah bervariasi tergantung pohon asalnya dan cara membudidayakannya. Anda juga bisa membeli parfum dengan bau oud sebagai oleh-oleh.

  1. Karpet

Pasar-pasar yang berada di Arab Saudi, menjual karpet yang kaya akan pola dan warna geometris. Anda mungkin akan sedikit kesulitan memilih warna dan pola yang Anda inginkan. Karena, karpet-karpet cantik tersebut memenuhi lorong-lorong pasar. Anda mungkin akan tergiur untuk membeli semuanya. Kualitas dan bahan yang digunakan juga sangat bervariasi, begitu juga dengan harganya.  

  1. Rempah-rempah Arab Saudi

Arab Saudi dikenal dengan makanannya yang penuh rasa. Anda bisa temukan rempah-rempah berkualitas di sekitar kota atau supermarket. Carilah bumbu kabsa yang dianggap sebagai hidangan nasional negara tersebut. Kabsa merupakan hidangan nasi yang dibumbui (tapi tidak terlalu panas) dengan ayam panggang, daging, atau ikan.

Simak informasi seputar haji, umrah, Arab Saudi, muslim, dan lainnya hanya di blog Aqobah. Untuk paket perjalanan haji, umrah, dan wisata silakan cek Instagram @aqobah.travel.

#oleholehArabSaudi #kurma


Share