Sabtu, Juli 13

Mengenal Jenis-jenis Kurma

Share

Kurma, salah satu oleh-oleh khas Arab Saudi yang nikmat dan penuh khasiat. Buah ini sangat melimpah di sana. Rasanya yang manis dan legit, biasanya sangat dicari saat bulan Ramadhan untuk hidangan buka puasa (takjil).


Sangat banyak jenis kurma yang telah dijual di pasaran. Setiap jenisnya tentu memiliki khasiat. Dilansir dari stallkits, berikut sepuluh jenis kurma yang paling populer.

  1. Kurma Ajwa
    Kurma jenis ini paling sering dan banyak dicari. Rasanya yang manis dan lembut, kurma ajwa dipercaya memiliki khasiat penyembuhan untuk tubuh. Harga kurma ajwa berkisar antara SR 35 hingga SR 100. Kualitasnya juga mulai dari yang rendah hingga terbaik.
  2. Kurma Amber
    Kurma amber memiliki bentuk yang lebih besar dibandingkan kurma lainnya. Kurma jenis ini juga menjadi salah satu kurma favorit, karena memiliki biji yang lebih kecil dan daging buah yang lebih banyak. Kurma ini mengandung protein, mineral, dan serat.
  3. Kurma Safawi
    Kurma safawi memiliki rasa dan manis yang lebih kuat dibandingkan dengan kurma khudri. Kurma jenis ini berbentuk bulat, berukuran sedang, dan memiliki warna hitam gelap dengan rona cokelat. Selain terkenal membantu mengobati anemia dan keracunan, kurma safawi juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.
  4. Kurma Barhi
    Sangat mudah mengenali kurma jenis ini. Karena, kurma barhi berwarna kuning dan memiliki tekstur yang renyah, berbeda dari kurma lainnya. Jika sudah matang, buah ini terasa seperti gula merah atau karamel. Kurma barhi kayak akan serat, zat besi, potassium, vitamin B, flavonoid, dan antioksidan.
  5. Kurma Medjool
    Selain manis dan lembut, kurma ini memiliki rasa yang kaya dan tekstur yang berserat. Berwarna kekuningan hingga kemerahan, ukuran kurma medjool tersedia dari yang besar hingga sangat besar.
  6. Kurma Khudri
    Kurma jenis ini memiliki rasa yang cukup manis, walau lengket namun tidak kering. Kurma khudri berwarna cokelat tua halus dan tidak terlalu berkerut. Kulitnya mengelupas sedikit.
  7. Kurma Saghai
    Memiliki tekstur tajam, membuatnya sedikit renyah saat dimakan. Kurma saghai berwarna mulai dari pucat hingga cokelat.
  8. Kurma Zahidi
    Kurma ini berukuran sedang dan lonjong. Memiliki kulit cokelat muda, dengan daging bagian dalam yang tebal dan berwarna emas membungkus satu biji. Kurma zahidi dipercaya dapat memcegah berbagai penyakit, seperti sistem pencernaan, anemia, hingga meningkatkan data ingat dan penglihatan.
  9. Kurma Piarom
    Kurma piarom memiliki kulit yang tipis dan gelap yang benar-benar melekat pada daging buah. Meski begitu, rasanya tetap manis dan unik. Teksturnya semi-kering, berbentuk panjang, tipis, dan lonjong dengan kulit cokelat tua hingga hitam. Kurma piarom berukuran 2-5 cm. kadar fruktosanya rendah, sehingga aman untuk penderita diabetes dan tekanan darah.
  10. Kurma Kholas
    Kurma ini memiliki rasa caramel dan biasa dikonsumsi bersamaan dengan kopi arab. Kurma ini memiliki tekstur yang lengket.

#kurma #jeniskurma


Share