Sabtu, Juni 15

Mempersiapkan Tubuh Sebelum Puasa

Share

Menjelang bulan Ramadan, banyak yang harus disiapkan. Mulai dari iman, hingga fisik dan jasmani. Menjaga tubuh tetap sehat dan bugar sebelum memasuki bulan Ramadan cukup penting, agar Anda dapat berpuasa dengan baik.


Pada saat berpuasa, asupan makanan pada tubuh berkurang. Hal ini memungkinkan adanya gejala sakit kepala, migrain, atau sakit perut. Oleh sebab itu, Anda perlu mempersiapkan kesehatan tubuh sebelum Ramadan.


Seperti dilansir dari About Islam, Anda bisa memulai mempersiapkan tubuh Anda dengan hal-hal berikut ini.

  1. Berlatih Tidur Lebih Awal di Malam Hari
    Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup, jangan bergadang. Jika sudah menunaikan salat Isya, segera tidur setelahnya. Dengan begitu, Anda juga bisa bangun sebelum waktu Subuh.
  2. Tetap Terhidrasi
    Ini sangat penting, apalagi saat berpuasa. Jaga tubuh Anda tetap terhidrasi dengan mengonsumsi mineral yang cukup dan makanan yang mendukung. Jika Anda terbiasa dengan kafein, kurangi porsinya di sore atau malam hari.
  3. Kurangi Porsi Makan dan Tetap Bugar
    Cobalah untuk menahan makan besar pada malam hari, sebelum Ramadan dimulai. Ini untuk melatih tubuh agar berfungsi dengan nyaman dengan lebih sedikit makanan.

    Perhatikan juga apa yang Anda makan. Seberapa banyak Anda makan dan
    makanan apa saja yang Anda konsumsi. Makanan yang mengandung gula dan garam memicu Anda untuk sulit berhenti memakannya.

    Mengurangi porsi makan juga memodifikasi rutinitas olahraga Anda. Lakukan olahraga ringan selama Ramadan. Ini guna melancarkan metabolisme tubuh.

Pepatah bilang, mencegah lebih baik daripada mengobati. Dengan demikian, siapkan stamina tubuh Anda supaya ibadah puasa Anda berjalan lancar.

Simak informasi seputar Islam, umrah, haji, Arab Saudi, dan sebagainya hanya di blog Aqobah. Untuk informasi paket umrah, haji, dan wisata, silakan kunjungi Instagram @aqobah.travel.

#puasa #Ramadan #persiapanpuasa


Share