Sabtu, Juni 15

Masjid Nabawi Kembali Gelar Buka Puasa Bersama Pada Ramadhan Tahun Ini

Share

Selain digunakan untuk beribadah dan masuk dalam rangkaian ibadah haji/umrah, Masjid Nabawi juga terbiasa mengadakan buka puasa bersama selama bulan Ramadhan.


Akan tetapi, sejak akhir 2019 pandemi virus Corona melanda hampir seluruh bagian negara termasuk Arab Saudi. Hal ini yang menyebabkan Masjid Nabawi memberhentikan agenda buka puasa bersama selama kurang lebih 2 tahun.


Namun, Badan Urusan Masjid Nabawi telah mengumumkan rencana untuk membuka kembali atau melanjutkan agenda buka puasa bersama pada bulan Ramadhan tahun ini (2022). Seperti dilansir dari Haramain Sharifain (31/01), agensi telah melonggarkan pembatasan yang memungkinkan sofra (tempat di mana makanan diletakkan) untuk dilanjutkan dengan tetap mengikuti beberapa SOP.


Jumlah jemaah pada masing-masing sofra maksimal hanya 5 orang. Tetapi jika penetapan jaga jarak (social distancing) dicabut, maka dalam satu sofra diperbolehkan maksimal 12 orang.


Dilansir dari Saudi Gazette (15/01), Badan Urusan Masjid Nabawi mengatakan, dimulainya buka puasa bersama di Masjid Nabawi akan berada di bawah protokol kesehatan yang ketat. Hal ini guna membendung penyebaran virus Corona.


Puasa Ramadhan 2022 diperkirakan jatuh pada Sabtu, 2 April 2022. Hanya orang-orang yang memiliki izin untuk menyebarkan iftar sofra (menyebar di mana makanan diletakkan) yang akan diizinkan melakukannya di tempat yang telah ditentukan.


Bagi mereka yang memiliki izin untuk menyediakan layanan makanan berbuka puasa, harus memperbarui data mereka secara efektif mulai awal bulan Rajab (2 Februari 2022).


Sebagai informasi, kasus covid-19 di Arab Saudi mencapai 716 ribu per 8 Februari 2022.

#ramadhan #ramadhan2022 #bukapuasabersamamasjidnabawi #masjidnabawi


Share