Sabtu, Juli 13

Destinasi Bersejarah di Arab Saudi

Share

Negara yang menjadi tempat ibadah haji dan umrah ini menyimpan sejarah-sejarah Islam yang menarik. Benar, Arab Saudi. Negara ini memiliki banyak tempat-tempat bersejarah. Baik dari arsitekturnya atau kisahnya. 

Anda bisa beribadah sekaligus mengunjungi tempat-tempat terkenal di Arab Saudi. Selesai menunaikan ibadah umrah atau haji, kesempatan besar bagi Anda untuk mempelajari lebih lanjut mengenai sejarah Islam di tempat-tempat menarik di sana.

Seperti dilansir dari Halal Trip, berikut lima destinasi yang penuh sejarah Islam di Arab Saudi.

  1. Jubbat Ha’il

Jubbat Ha’il merupakan salah satu situs arkeologi terbesar di Arab Saudi. Ini terletak di dekat kota Jubba, Provinsi Ha’il. Situs ini terkenal akan prasasti dan ukiran batunya di Jebel Um Sanman dan pegunungan sekitar lainnya, juga beberapa ilustrasi menarik sejak Zaman Mesolitikum. Anda dapat melihat ilustrasi unta, kijang, dan lainnya yang menunjukkan periode waktu dan cara hidup di abad-abad lalu.

  1. Mada’in Saleh (Al-Hijr)

Terletak di wilayah Al-Ula di Provinsi Al-Madinah, situs ini merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO pertama yang dideklarasikan di Arab Saudi. Situs ini sangat memesona dengan reruntuhan Kerajaan Nabatean yang mencakup makam, sumur air, dan fasar rumit dari abad ke-1 SM hingga ke-1 M.

  1. Najran

Kota ini terletak di barat daya Arab Saudi, berbatasan dengan Yaman. Najran dikenal dengan Peristiwa Mubhala, titik penting dalam sejarah Islam Arab Saudi. Kota ini juga terkenal dengan situs arkeologi seperti Al Ukhdūd dan reruntuhan yang masih berdiri hingga saat ini.

  1. Masjid Jawatha

Masjid Jawatha merupakan salah satu masjid paling awal yang dibangun di Arab Saudi, pada 629 M (era pras-Islam) oleh suku Bani Abd al-Qays. Masjid ini terletak di desa Al-Kilabiyah di Al Ahsa dan diklaim sebagai masjid pertama yang menyelenggarakan salat Jumat selain Masjid Nabawi. 

  1. Benteng Masmak

Benteng yang kuat dengan tembok dan menara yang kokoh ini dibangun oleh Riyadh Abdulrahman ibn Sulaiman ibn Dabaan pada 1865. Dalam benteng ini, terdapat sebuah masjid dan sumur, sedangkan langit-langit interiornya dihiasi dengan lukisan pohon palem, kayu ethel, dan taramic. Benteng Masmak diambil di bawah kekuasaan Turki sampai tahun 1902 ketika pertempuran besar, yang mengakibatkan Raja Abdul Aziz Al Saud berhasil merebut kembali rumah leluhurnya.

Jangan sampai Anda melewati kelima tempat bersejarah tersebut, ketika berkunjung ke Arab Saudi. Selain destinasinya yang menarik perhatian, Anda juga bisa sekaligus menambah pengetahuan. 

Simak informasi seputar haji, umrah, Arab Saudi, muslim, dan lainnya hanya di website Aqobah. Untuk keberangkatan umrah dan haji, Aqobah akan mengantar Anda ke Baitullah dengan santun dan amanah. Cek Instagram @aqobah.travel untuk informasi paket perjalanan umrah, haji, dan wisata.

#ArabSaudi #destinasibersejarahdiArabSaudi #tempatbersejarahdiArabSaudi


Share