Jumat, Mei 24

Belum Terbitkan Izin Cium Hajar Aswad pada Layanan Aplikasi Eatmarna

Share

Demi melancarkan kegiatan ibadah umrah dan haji di masa pandemi, pemerintah Arab Saudi telah menciptakan aplikasi Eatmarna. Seperti yang diketahui, aplikasi tersebut digunakan peziarah atau para jemaah untuk mendapatkan izin melaksanakan umrah, memesan/memilih jadwal umrah, dan mengunjungi/beribadah di dua masjid suci.

Belum lama ini, Kementerian Haji dan Umrah mengumumkan pembaruan pada aplikasi Eatmarna. Para peziarah atau jemaah bisa memeriksa status kepadatan pengunjung dua masjid suci, melalui aplikasi tersebut. Hal ini guna mencegah peziarah atau jemaah memesan umrah, salat di dua masjid suci, atau mengunjungi makam Nabi pada status kepadatan ‘macet’. Indikator kepadatan dilihat berdasarkan warna.

Sementara itu, dilansir dari Saudi Gazette (20/12), kementerian mengumumkan akan ada opsi pada aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna untuk memesan janji mencium Hajar Aswad, menyentuh Pojok Yaman (Al-Rukn Al-Yamaani), dan salat di Hijr Ismail (sebagian diantaranya dianggap bagian dari Ka’bah).

Peraturan tersebut dilakukan setelah adanya ikon baru berjudul “Tawaf”, pada aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna. Ini juga untuk memfasilitasi janji pemesanan kinerja tawaf bagi non-umrah.

Tentunya, pada prosedur ini kementerian telah merujuk proposal ke pihak berwenang untuk memanfaatkan penghalang yang tersedia di matar (area melingkar di sekitar Ka’bah). Hal ini guna mengatur masuk dan keluar peziarah atau jemah untuk mencium Hajar Aswad.

Masih mengenai Batu Hitam atau Hajar Aswad, terdapat inisiatif lain mengenai ritual menyentuh dan/atau mencium Hajar Aswad. Dilansir dari al-Arabiya (15/12), Arab Saudi telah meluncurkan inisiatif baru, memungkinkan umat Islam di seluruh dunia dapat menyentuh Hajar aswad di Kabah secara virtual. Kegiatan ini dilakukan melalui teknologi Virtual Reality (VR). Inisiatif tersebut diluncurkan oleh Sheikh Dr. Abdulrahman bin Abdulaziz Al-Sudais, selaku Presiden Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Pada bulan Mei, otoritas Arab Saudi telah merilis gambar, memperlihatkan pemandangan dekat Hajar Aswad yang belum pernah dilihat sebelumnya di Kabah. Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci menangkap detail Hajar Aswad, dengan teknik baru yang menggunakan fokus panorama bertumpuk.

Temukan informasi lainnya hanya di website Aqobah dan Instagram @aqobah.travel. Nikmati perjalanan haji dan umrah Anda dengan nyaman bersama Aqobah. Kami akan mengantar Anda ke Baitullah dengan santun dan amanah.

#hajaraswad #ka’bah #makkah #masjidilharam #masjidsuci


Share